Sabtu, 11 Januari 2020

Yuk, Kenali Secara Singkat Tentang Penyakit Kencing Nanah!
Januari 11, 2020

Yuk, Kenali Secara Singkat Tentang Penyakit Kencing Nanah!


Apakah Anda pernah mengalami kencing nanah? Semoga tidak pernah, ya. Tapi walaupun tidak pernah mengalami, Anda wajib tahu mengenai penyakit yang satu ini. Apa sih pengertian kencing nanah? Yuk, mari kita simak penjelasannya dari berbagai sumber terpercaya!

Yuk, Kenali Secara Singkat Tentang Penyakit Kencing Nanah!

Pengertian kencing nanah dilansir dari halaman Halodoc, kencing nanah atau gonore merupakan suatu penyakit menular seksual yang umum dan disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae atau Gonococcus. Bakteri ini berbahaya karena selain dapat menyerang bagian dubur, serviks (leher Rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata dan tenggorokan. Penyakit ini bisa menginfeksi pria dan wanita di segala usia.

Lalu bagaimana penyakit kencing nanah ini  dapat menular? Kencing nanah atau gonore ini sering menular melalui hubungan seks, seperti melakukan seks oral atau anal, menggunakan mainan seks yang tidak aman (terkontaminasi), dan berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman (kondom).  Selain itu, ibu yang terinfeksi kemudian sedang hamil ternyata dapat menularkan ke bayinya, lho. Penularan pada bayi ini disebabkan karena kontak langsung bayi dengan nanah dari jalan lahir itu.

Lalu apa saja gejala yang timbul dari penyakit ini? Ternyata menurut sumber Klikdokter, gejala pada pria awalnya terdapat rasa panas dan gatal di sekitar saluran kencing (uretra). Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar nanah dari ujung saluran kencing yang juga terkadang disertai darah.

Sedangkan pada wanita, ternyata lebih sulit menyadari gejalanya. Kalaupun ada, gejala yang timbul dapat berupa nyeri saat buang air kecil, terlalu sering buang air kecil dan terkadang timbul rasa nyeri pada pinggul bagian bawah. Selain itu, terdapat cairan kental dan keruh yang keluar dari vagina.

Berdasarkan dari sumber lain seperti Ezinearticles, gejala awal yang dialami pria terinfeksi menunjukkan gejala seperti pembengkakan testis, pembengkakan khususnya di bagian kulup penis, sakit tenggorokan, sering buang air kecil, dan rasa sakit saat buang air kecil.

Sedangkan gejala infeksi pada wanita tidak begitu terlihat dibandingkan pria. Wanita terinfeksi merasakan gejala saat berhubungan seksual. Mereka akan sakit saat berhubungan intim. Namun, ada beberapa wanita terinfeksi menunjukkan gejala seperti rasa sakit di perut bagian bawah, sering buang air kecil, demam, sakit tenggorokan, dan rasa sakit sepanjang buang air kecil.

Namun, beberapa orang ada yang tidak mengalami gejala apa pun sehingga tidak segera mendatangi ahli medis. Hal ini meningkatkan risiko komplikasi dan penularan kepada orang lain. Sebaiknya segera temui dokter saat Anda mengalami gejala infeksi yang mengganggu, seperti sensasi terbakar saat buang air kecil atau mulai keluar cairan seperti nanah dari alat kelamin. Anda juga sebaiknya berbicara dengan dokter bila memiliki pasangan yang terkena penyakit ini.

Pada halaman Klikdokter, ada beberapa cara untuk menentukan diagnosis gonore. Dokter dapat melakukan pemeriksaan dengan mengambil cairan atau nanah dari kelamin, untuk kemudian diperiksa di laboratorium. Selain itu, ada cara lain seperti dilakukannya pemeriksaan urine. Jika ditemukan sel darah putih yang banyak (leukosit) dan tanda-tanda infeksi seperti urine keruh, tentunya dengan disertai gejala klinis yang jelas.

Dilansir dari halaman Health.detik, pengobatan gonore biasanya dengan suntikan tunggal seftriakson intramuskuler (melalui otot) atau dengan pemberian antibiotik per-oral (melalui mulut) selama 1 minggu (biasanya diberikan doksisiklin). Jika gonore telah menyebar melalui darah, penderita akan dirawat di rumah sakit dan mendapatkan antibiotik intravena (melalui pembuluh darah, infus).

Sekian penjelasan mengenai pengertian kencing nanah, beserta gejala sampai pengobatannya. Yuk, cegah dari sekarang.