Jumat, 13 Desember 2019

Telinga Berdenging dan Cara Efektif untuk Menghindarinya
Desember 13, 2019

Telinga Berdenging dan Cara Efektif untuk Menghindarinya


Terdapat banyak faktor yang menyebabkan telinga berdenging seperti penyumbatan oleh kotoran telinga, mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam dosis tinggi, dan terpapar suara yang keras dalam waktu lama. Oleh sebab itu, hal-hal tersebut harus dihindari agar tidak mengalami efek samping yang merugikan. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghindarinya? Berikut ulasan lengkapnya.

Telinga Berdenging dan Cara Efektif untuk Menghindarinya

Cara Menghindari Dengingan pada Telinga
Munculnya suara dengingan pada telinga merupakan sesuatu yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Bahkan apabila frekuensi munculnya terlalu sering dan dalam waktu yang tidak singkat bisa jadi dengingan menandakan ada penyakit yang diderita. Agar menghindari hal tersebut terjadi, berikut beberapa tindakan pencegahan yang perlu diperhatikan dan  wajib dilakukan dalam keseharian:
Ø Rajin membersihkan telinga
Telinga yang berdenging dapat disebabkan oleh penumpukan kotoran di dalam telinga. Alhasil, kotoran tersebut akan mengakibatkan penyumbatan dan membuat telinga mengeluarkan suara dengingan atau desiran. Oleh sebab itu, bersihkanlah telinga dalam jangka waktu tertentu saat Anda merasa ada yang mengganjal di bagian telinga. Namun, jangan pula dibersihkan terlalu sering.

Ø Hindari suasana bising
Berada di tempat yang dipenuhi suara keras sangat tidak baik bagi telinga. Apabila mendengar suara keras terus menerus maka jaringan koklea telinga akan rusak. Salah satu gejalanya adalah munculnya dengingan dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari suasana yang terlalu bising, dan lindungi telinga apabila terpaksa dalam suasana yang seperti itu.

Ø Hindari penggunaan cotton bud
Jangan sekali-kali membersihkan telinga menggunakan cotton bud karena akan memberikan efek buruk bagi telinga. Penggunaan cotton bud akan beresiko membuat bagian dalam telinga luka, terinfeksi, dan rusak. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan cairan pembersih telinga yang dianjurkan oleh dokter agar lebih aman. Mengingat telinga sangat sensitif terhadap partikel asing yang masuk.

Ø Kurangi mengonsumsi obat-obatan pemicu
Telinga yang berdenging dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu terutama dalam dosis yang banyak. Beberapa obat-obatan yang perlu dihindari untuk dikonsumsi dalam dosis yang tinggi yaitu antidepresan, obat pereda nyeri, obat penenang, aspirin, diuretik, dan antibiotik. Jenis obat-obatan tersebut dapat memperparah dengingan telinga. Sebaiknya, konsumsilah sesuai dengan anjuran dokter agar lebih aman.

Ø Sering mengonsumsi makanan dan minuman sehat
Asupan makanan dan minuman sudah seharusnya dijaga agar membuat tubuh selalu fit dan bekerja dengan baik. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, magnesium, asam folat, dan omega 3 maka akan meminimalisir terjadinya gangguan pada bagian tubuh termasuk telinga. Selain itu, hindari juga meminum alkohol karena tidak baik untuk kesehatan telinga.

Kesehatan bagian tubuh termasuk telinga memang harus dijaga agar tetap bekerja sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, Anda harus peduli terhadap tubuh sendiri dengan cara melakukan hal-hal positif sebagai tindakan pencegahan akan terjadinya gangguan pada organ tubuh, salah satunya telinga. Anda tidak ingin apabila aset berharga seperti telinga bekerja tidak optimal, kan?